Banjir nabi nuh

Admin
0
              Kisah banjir nabi nuh dikisahkan dalam hampir seluruh kebudayaan manusia, kisah ini adalah salah satu dari sekian banyak contoh kisah-kisah yang paling banyak diuraikan dalam alquran. kisah nabi nuh diceritakan dengan sangat detail dalam ayat-ayat alquran.

             Nabi nuh diutus untuk mengingatkan kaumnya yang telah jauh tersesat dari jalan kebenaran (almukminun: 23-26). Allah menyampaikan kepada nabi nuh bahwa mereka yang menolak kebenran dan melakukan kesalahan akan dihukum dengan ditenggelamkan dan mereka yang beriman akan diselamatkan. 
Allah memberikan hukuman kepada kaum nabi nuh dikarenakan pembangkangan yang dilakukan oleh kaum nabi nuh, nabi nuh sudah memberikan kabar dan menyeru kaumnya kepada Allah (al-a'raf: 59), (Asy-syuara' :107-110), (almukminun: 23). namun perjuangan nabi nuh disepelekan oleh kaumnya.

adapun rentetan kisah nabi nuh dalam meyeru kaumnya kepada Allah adalah:
1. nabi nuh meyeru kaumnya pada agama kebenaran
2. peringatan nabi nuh kepada kaummya untuk menghindari hukuman dari Allah SWT
3. pembangkangan kaum nabi nuh
4. penghinaan terhadap para pengikut nabi nuh
5. peringatan allah agar nabi nuh tidak bersedih
6. doa nabi nuh
7. pembuatan kapal (bahtera)
8. penghancuran umat nabi nuh dengan cara ditenggelamkan
9. dibinasakannya putra nabi nuh
10. diselamatkannya orang-orang yang beriman dari banjir
11. bentuk fisik dari banjir yang terjadi
12. terdamparnya perahu di temapt yang tinggi
13. i'tibar yang diambil dari peristiwa banjir
14. pujian allah terhadap nabi nuh
 
rentetan ini akan kita bahas secara detail di episode berikutnya.

           sebenarnya dalam setiap peristiwa yang dialami oleh para nabi merupakan pelajaran bagi setiap umat manusia, jika ia memperlajari hikmah itu semua. ada kisah yang sangat menakjubkan dan hikmah pada kisah nabi nuh yang sangat membekas di ingatan saya yaitu:

1. kisah putra nabi nuh yang tidak mendengarkan ajakan nabi nuh, ketika nabi nuh mengajak anaknya untuk ikut serta dalam kapal, namun anaknya menjawab "aku akan mencari perlindungan kegunung yang dapat memeliharaku dari air bah"  dan gelombang menjadi penghalang diantara keduanya sehingga jadilah putra nabi nuh termasuk orang-orang yaang ditenggelamkan, sebenarnya seruan nabi bukanlah sesingkat itu. adapun pelajaran yang diambil adalah jangan bersedih hati bagi para aktivis dakwah yang gagal mengajak keluarganya dalam istiqomah menelusuri dan sabar dalam menjalankan perintah Allah, sudah sebuah sunnatullah bahwa hidayah adalah hak progresiv Allah kepada hambaNYA sehingga wajar jika kita lihat dalam kehidupan sehari-hari bapaknya ustadz tapi anaknya bangsat, atau anaknya soleh bapaknya salah, atau juga saudara kita yang susahnya minta ampun dibenahi, jadi jangan berkecil hati untuk itu semua, yang penting kita sudah extra memberi peringatan dan pelajaran. 
don't be sad ya.....

2. nabi nuh bukanlah sebentar menyeru kaumnya kepada Allah sekitar 1000 tahun kurang 50 tahun sehingga jika kita hitung matemetika 1000-50 = 950, ya itu adalah waktu nabi nuh hidup di dunia 950 tahun, sedangkan umat nabi nuh yang ikut dengannya kalau tidak salah 10 orang saja,
ini pelajaran buat para aktivis dakwah bahwa begitulah dulu para nabi kita dalam meyeru kejalan Allah butuh waktu yang lama, sehingga disaat kita memberikan pelajaran kepada saudara kita jangan langsung berharap ia akan pberubah total dalam waktu hanya 1 bulan, tidak mungkin, mungkin-mungkin saja jika Allah mengizinkan, maka berdoalah, namun alangkah baiknya jika kita bersabar bahwa butuh waktu untuk merubah seseorang, kitapun demikian tidak berubah dalam waktu 1 bukan, butuh waktu dan proses untuk semua itu. 

so la tahzan ya,,,

bersambung

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)