Nulis Pakai Laptop? Terlalu Ribet! Yuk Ngeblog Lewat Android!

Admin
2
Sumber gambar: dewata-99.com
Hai Guys! Kamu suka nulis? Pengen nulis? Tapi bingung entah kapan mau nulis? Gak sempat-sempat. Alasan sebagian orang memang seperti itu. Bingung cari waktu untuk nulis, Ditambah seabrek pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Alhasil, nulisnya gak jadi-jadi!. Padahal banyak sekali yang ingin kamu tulis. Guys, salah seorang guru saya, almarhum pak Hernowo mengajarkan kepada kita semua untuk menulis apapun itu hasil bacaan yang kamu baca. Istilahnya mengikat makna.

Tapi bukan berarti kamu copy paste ya semua bacaan yang telah kamu baca. Harus ada pandangan kamu sendiri yang ingin kamu ungkapkan dengan berbagai bacaan yang telah kamu baca. Terlepas itu temanya hasil bacaan, pengalamanmu apapun itu juga bisa kamu tulis, ya yang penting tetap ada hikmah dan informasi yang dapat kamu berikan pada oranglain.

Menulis itu asik guys, ya, seperti bicara!. Semudah kamu berbicara! Tapi tetap saja kamu harus tahu apa yang mau kamu sampaikan. Dan tetap fokus pada topik yang sedang kamu sampaikan. Anggap saja, audiensnya sedang mendengarkan kamu di dalam sebuah ruangan seminar ataupun talkshow. Ya kira-kira seperti itu.

Nah, kamu yang suka nulis dan ingin berbagi apapun cerita yang kamu miliki ataupun ilmu yang kamu punya lewat bacaan-bacaan yang telah kamu ambil madunya. Kamu bisa menulis dimana saja guys. Apalagi zaman kini, bisa dipastikan sudah pada punya android di tangan masing-masing. Tinggal buka aplikasi WPS Office bawaan android. Kalau belum punya aplikasinya bisa download di playstore ya.

Selain simple dan gak ribet, kamu pun bisa nulis kapan saja dan dimana saja. Contohnya, saya sering menulis kadang sedang makan, sedang buat teh suami juga tak luput sambil buka WPS office. Nulis apa yang sedang dipikirkan. Karena biasanya, apa yang kita pikirkan akan hilang seketika kalau tidak langsung ditulis. Jika belum sempat menulis panjang dan menyelesaikannya, kamu juga masih bisa menulis terlebih dahulu temanya. Jadi gak akan hilang ide di kepalamu. Tak jarang saya juga menggunakan aplikasi WhatsApp jika hanya sekedar menuliskan tema yang ingin ditulis.

Saya juga sering menulis sambil masak, biasanya kan ada waktu jeda ya dan menunggu masakan matang. Nah, biasanya pekerjaan yang asik dilakukan saat itu adalah menulis. Kan gak bisa ya, masak sambil cuci piring, yang ada nanti makanan yang kamu masak malah terasa sunlight -jika nyupirnya pakai sunlight.

Kalau kamu pengen ngeblog langsung di android dengan cara menulis langusng di dasbor blog, juga bisa. Hanya saja, kita harus mengaktifkan paket data. Karena blog tidak bisa menyimpan jika paket datanya tidak aktif. Kalau saya pribadi lebih suka menulis dulu di WPS Office, baru kemudian masukkan ke blog. Karena biasanya, loading agak lama, karena banyaknya aplikasi yang berjalan saat paket data aktif. Pesan WatsApp yang bertubi-tubi belum lagi info dari email, dan sebagainya. Maka akan lama waktu yang digunakan untuk menulis. Lola karena jaringannya terganggu.

Nah, kamu bisa ngeblog lho, lewat android. Kamu bisa masuk ke dasbor blogger dengan menggunakan crome. Kalau saya lebih suka menggunakan croem. Tinggal log in. Dan nulis deh, atau copas tulisan yang sudah kamu selesaikan sebelumnya. Penggunaan blog lewat laptop hampir sama dengan penggunaan blog menggunakan crome bawaan android. Hanya saja ukurannya lebih kecil dan tidak sebesar saat menggunakan laptop. Namun untuk semua jenis embel-embel tulisan yang ingin kamu upload, sama kok. Kita bisa menggunakan gambar seperti di laptop, memasukkan label, atur jadwal ataupun atur link permanen. Tidak ada bedanya dengan menggunakan laptop. Seperti yang saya katakan tadi, hanya beda ukuran saja.

Tal jarang, kadang saya memodifikasi blog lewat android. Hanya di pengkodingan saja tidak bisa dengan crome android. Nah, guys, kamu coba deh nulis dengan cara yang saya ancurkan. Pasti seru! Kamu gak mesti selalu buka laptop untuk bisa menulis. Ataupun kamu gak mesti buka laptop, pasang hotspot hanya untuk sekedar upload tulisan. Bisa kok dengan crome bawaan android dan tampilannya tak ada bedanya dengan laptop. Coba deh. Semoga kamu ketagihan!.


12:45 wib, Wonogiri, Jateng

Posting Komentar

2Komentar
  1. Saya mau coba ahh, makasih infonya

    BalasHapus
  2. Iya, sama sama mbak. Semoga senang dengan aktifitasnya yaaa mbak Asih :)

    BalasHapus
Posting Komentar