New Normal Covid-19

Admin
0

Istilah new normal baru baru ini kita ketahui. Istilah yang digunakan untuk menormalkan kembali aktivitas ekonomi ataupun kegiatan lainnya. Dengan menerapkan protokol kesehatan di setiap kesempatan, semisal, memakai masker, selalu cuci tangan, selalu bersihkan diri jika dari luar, jika tidak ada keperluan mendesak, maka tidak perlu keluar, semisal, ibu rumah tangga, kemungkinan besar untuk di rumah saja sangat besar. Menjaga jarak lebih kurang 1 meter dan juga hindari kumpul-kumpul. 

Mengisolasi diri di rumah semenjak masuknya covid-19 ke tanah air, tentu membuat setiap individu jenuh dan bosan, karena setiap aktivitas diluar apapun terbatas tidak bisa sebebas masa sebelum covid-19. Seperti shopping di mall - tidak berlama-lama, tidak bisa liburan ke tempat wisata ataupun hiburan lainnya. Kondisi ini tentu sangat menjenuhkan. Tapi demi keselamatan kita semua ada baiknya kita tetap menjalankan misi, stay at home bagi yang tidak punya keperluan untuk keluar rumah. 

Kenyataannya, saat ini semua orang pengen keluar, dan banyak juga yang tidak memenuhi standar protokol, misal penggunaan masker, masih banyak yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah dan bepergian. Hhhmmm saya sempat berpikir, kenapa tidak pakai masker? Apakah terlalu mahal maskernya? Padahal masker kain banyak yang jual, dan berbagai variasi harganya, ada yang sepuluh ribu hingga belasan ribu. Kalau pun ingin masker distokkan juga bisa, dapat harga reseller, Alhamdulillah murah kok, bisa kontak saya yaa. Hhhmmm jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan masker. Harga terjangkau dan banyak yang berjualan. 

Apakah masker itu berat? Gak juga kan ya guys. Masker kan terbuat dari kain, jadi pasti sangat ringan sekali. Dan juga banyak motif dan model yang bisa dibeli dan digunakan, sesuai keinginan dan sukanya yang mana. Jadi rasanya tidak ada alasan untuk tidak menggunakan masker. 

Sungguh, saya perhatikan masih banyak sekali anak muda mudi yang keluar tidak menggunakan masker, dan juga khalayak lainnya. Saya kira bagaimana bahayanya covid-19 juga sudah diinformasikan dan disampaikan semaksimal mungkin oleh berbagai elemen, mulai dari pemerintah, perusahaan, lembaga, setiap swalayan dan mall pun selalu menginformasikan bagaimana bahayanya covid-19, dan juga update data pun setiap hari ada diinformasikan. 

Namun kenapa masih banyak yang seakan sepele dan tidak mematuhi protokol kesehatan semasa pandemi ini? Jika kita ingin negara kita bebas covid-19 maka harus kita mulai dari diri sendiri, jika setiap individu sadar akan perannya, maka saya yakin penambahan kasus akan berkurang. Seperti lidi, jika setiap lidi bersatu, semua kotoran bisa dibersihkan dan disapu. Jika setiap individu menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan maka covid-19 akan berlalu dari tanah air kita. 

Tidak ada yang berat untuk kita laksanakan dari setiap protokol yang ada, mulai dari sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker setiap keluar rumah, kemanapun itu. Menjaga jarak atau fisikal distancing. Tidak sering berkumpul-kumpul atau sosial distancing, kalaupun harus berkumpul maka jangan lupa gunakan masker dan jaga jarak lebih kurang 1 meter. 

New normal yang akan dihadapi ke depan tentu tergantung kesiapan masing-masing daerah. Tetap jaga diri dan keluarga dari setiap bahaya yang mengintai. Covid-19 ini dapat menyerang siapapun, tidak mengenal asal usul, suku, agama ataupun keturunan dan anak siapa. Umur, tua muda semua bisa terkena covid-19, orang sehat orang sakit juga bisa terjangkit. Tidak ada satu orangpun yang dapat menjamin ia bisa terbebas dari serangan covid-19. Jikapun ada yang sembuh dari covid-19, maka itu terjadi karena daya tahan tubuh ataupun imun yang kuat dan juga tidak ada penyakit bawaan lainnya. Namun juga ada kasus, beliau sehat, tidak ada sakit bawaan apapun, terserang covid-19, dan ia meninggal. Wallahu alam. 

Menghindari diri dan keluarga dari wabah itu adalah kewajiban kita bersama. Setiap kita individu punya tanggung jawab yang sama. Bagaimana melindungi diri dan mengantisipasi hingga virus tidak menyerang kita. Makan makanan bergizi, olahraga yang cukup, laksanakan protokol kesehatan, jika perlu mengkonsumsi vitamin dan tetap menjaga daya tahan tubuh. New normal, keadaan normal yang baru. Bukan berarti kasus covid-19 tidak akan bertambah, bukan berarti semua sudah terbebas dari covid-19, bukan berarti covid-19 sudah tak ada di negara kita, bukan berarti membuat kita lengah dengan kondisi, bukan berarti kita sudah aman dari covid-19. Tetap tahan diri, untuk tidak berkumpul-kumpul, pergi ke tempat wisata ataupun hiburan lainnya. Ketika kita berkumpul, disitulah kemungkinan besar ada virus virus yang saling menyebar. 
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)